Senin, 19 Desember 2011

Berbahasa yang Sopan dan Santun

Mau menjadi pribadi yang baik ? biasakanlah berbahasa yang sopan dan santun !
Sebelum kita memahami bahasa yang sopan dan santun  itu bagaimana, kita terlebih dahulu memahami hakikat bahasa yang sebenarnya…….
Bahasa merupakan alat untuk berkomunikasi antar manusia dalam kehidupan bermasyarakat yang berupa bunyi ujar yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Bahasa dalam fungsinya sebagai alat komunikasi yang keberadaannya sangat penting di masyarakat. Komunikasi melalui bahasa memungkinkan setiap orang dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan fisik dan sosialnya serta untuk mempelajari kebiasaan, kebudayaan, adat-istiadat serta latar belakang masing-masing. Oleh karena itu, banyak asumsi yang menyatakan bahwa salah satu untuk bisa membaurkan diri dan memahami dengan cepat pribadi masyarakat ataupun pribadi seseorang, maka pelajari bahasanya atau pelajari dan pahami bagaimana penggunaan bahasa masyarakat atau orang tersebut.
Nah,,, setelah kita sudah memahami hakikat bahasa yang sesungguhnya, sekarang saatnya untuk memahami bahasa yang sopan dan santun itu seperti apa….

Dalam kehidupan sehari-hari penggunaan bahasa untuk bersosialisasi tidak lepas dari sopan santun berbahasa. Dalam penilaian kesantunan berbahasa adalah bagaimana kita bertutur dan dengan  siapa kita bertutur. Hakikatnya kesantunan berbahasa adalah etika kita dalam bersosialisasi di masyarakat dengan penggunaan, pemilihan kata yang baik dengan memperhatikan di mana, kapan, kepada siapa, dengan tujuan apa kita berbicara secara santun. Budaya kita menilai, berbicara dengan menggunakan bahasa yang santun akan memperlihatkan sejatinya kita sebagai manusia yang beretika, berpendidikan dan berbudaya yang mendapat penghargaan sebagai manusia yang baik.
Teman-teman pernah sadar tidak, kalau kepribadian kita itu tercermin melalui tutur kata yang kita gunakan dalam keseharian kita. Simaklah penjelasan di bawah ini !
Bahasa mencerminkan pribadi seseorang. Jika kitas selalu menggunakan bahasa yang baik dan penuh kesantunan orang akan mencitrakan kita sebagai pribadi yang baik dan berbudi. Karena memalui tutur kata seseorang mampu menilai pribadi dari orang tersebut. Sementara itu, jika dalam keseharian kita tidak memenuhi etika berbahasa santun. Orang lain akan mencitrakan kita sebagai pribadi yang buruk. Demikian pula dengan pentingnya bahasa bagi suatu bangsa. Melalui bahasa suatu bangsa akan dikenal oleh masyarakat dunia. Apakah bangsa tersebut termasuk termasuk bangsa yang ramah, sopan, dan santun. Atau bangsa yang cinta akan kebencian, permusuhan, dan perseteruan.
Mengapa dikatakan demikian ? karena kita ketahui bersama dan sangat sering terjadi di sekitar kita ataupun bahkan kita alami sendiri bahwa tidak jarang kebencian, permusuhan, dan perseteruan itu muncul disebabkan oleh penggunaan bahasa kita yang tidak terkontrol dan kita terkadang terbawa emosi sehingga penggunaan bahasa yang tidak sesuai dengan fungsinya bisa melukai hati seseorang. Kita tidak pernah sadar akan hal itu. Kita tidak pernah sadar kalau apa yang kita lakukan itu merupakan tindak kekerasan. Tindak kekerasan dalam bentuk verbal, seperti memaki, memfitnah, menghina dan lain sebagainya.
Hal lain juga yang lebih khusus lagi yaitu seringkali kita dalam menggunakan bahasa sudah tidak melihat di mana dan dengan siapa kita berbicara. Adat sopan santun yang diajarkan ketika berbicara dengan orang, dalam hal ini orang tua, guru/dosen, kakak, ataupun yang lain, untuk tetap memperhatikan bahasa yang kita gunakan sebagai tanda kemuliaan mereka terhadap kita, sudah kita tak mampu bedakan. Seringkali bahasa yang kita gunakan ketika berbicara dengan mereka sama halnya jika kita berbicara dengan teman, yang tidak lagi mencerminkan kesopan santunan dalam berbahasa.
Kita tidak pernah sadar bahwa dari penggunaan bahasa yang kita gunakan dalam pergaulan hidup sehari-hari, sebenarnya adalah wujud atau cerminan dari kepribadian kita. Bagaimana semampu kita menggunakan bahasa yang sopan dan santun sehingga kita menjadi pribadi yang baik bagi diri kita dan untuk orang lain.
Pentingnya berbahasa santun sangatlah jelas. Bahasa santun digunakan sebagai pencitraan pribadi, jati diri bangsa, dan alat pemersatu. Nah,,,Pendek kata marilah kita berupaya untuk berbahasa yang santun dan beradab !

1 komentar: